Pengertian Fungsi dan Jenis Kabel UTP (Unishielded Twisted Pair)



Pengertian Fungsi dan Jenis Kabel UTP (Unishielded Twisted Pair)
Selamat siang sobat, berjumpa lagi bersama saya Kreasi Jember. Oke untuk sesi kali ini saya akan menginformasikan tentang Pengertian dan Fungsi Kabel UTP (Unishielded Twisted Pair).
Langsung saja berikut merupakan Pengertian dan Fungsi Kabel UTP (Unishielded Twisted Pair) :
  1. Pengertian Kabel UTP (Unishielded Twisted Pair)

    Kabel UTP atau Unishielded Twisted Pair merupakan kabel jaringan komputer yang didalamnya terdiri dari 4 kabel yag berbeda warna serta fungsinya.
    Kabel UTP terbagi atas 2 jenis yaitu Shielded dan Unishielded.
    Shielded merupakan jenis kabel UTP yang memiliki selubung pembungkus, sedangkan Unishielded merupakan kabel UTP yang tidak memiliki selubung pembungkus. Untuk konektor kabel UTP yaitu menggunakan RJ-45 atau RJ-11.
  2. Fungsi Kabel UTP (Unishielded Twisted Pair)

    Fungsi dari kabel UTP yaitu sebagai kabel penghubung jaringan LAN (Local Area Network). Umumnya kabel UTP memiliki kecepatan transfer data 100Mbps. Dan jarak maksimum yang kabel UTP untuk jaringan LAN adalah 100 meter.
  3. Jenis Kabel UTP (Unishielded Twisted Pair)

    • CAT 1 – Kabel UTP Category 1 [Cat1] adalah jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang terendah, didesain untuk mendukung komunikasi suara analog saja.
    • CAT 2 – Kabel UTP Category 2 [Cat2] adalah jenis kabel UTP memiliki kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Cat1, jenis atau kategori ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan juga suara digital. Kabel ini bisa mentransmisikan data sampai 4 megabit/detik.
    • CAT 3 – Kabel UTP Category 3 [Cat3] adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Category 2, jenis atau kategori ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara pada kecepatan hingga 10 megabit per detik.
    • CAT 4 – Kabel UTP Category 4 [Cat4] adalah suatu jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang jauh lebih lebih baik jika dibandingkan dengan kabel UTP Category 3 (Cat3) atau sebelumnya, didesain untuk mendukung komunikasi data dan juga suara sampai kecepatan 16 megabit/detik.
    • CAT 5 – Kabel UTP Category 5 [Cat5] adalah suatu jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik jika dibandingkan dengan kabel UTP Category 4 (Cat4) atau yang sebelumnya, didesain untuk mendukung komunikasi data dan komunikasi suara pada kecepatan sampai 100 megabit/detik.
    • CAT 6 – Kabel UTP Category 6 [Cat6] adalah jenis standar kabel UTP dengan sertifikasi resmi paling tinggi.
    • CAT 7 – Kabel UTP Category 7 [Cat7] adalah jenis kabel premium yang sangat cocok sekali sebagai media yang high traffic berbagai macam aplikasi dalam 1 kabel (single cable). Maksimum data yang terkirim sampai 10 Gbit/detik, dengan frekuensi 1000 Mhz.



    Sekian informasi tentang Pengertian Fungsi dan Jenis Kabel UTP (Unishielded Twisted Pair)
    Semoga dapat membantu, terima kasih sudah berkunjung dan selamat beraktifitas

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Fungsi dan Jenis Kabel UTP (Unishielded Twisted Pair)"

Post a Comment